Sabtu, 21 Januari 2012

software terbaik 2012 untuk laptop dan notbook aku..

1. Microsoft Office, aplikasi office terbaik yang pernah dibuat.  Ada juga versi gratis alias open source yang juga tak kalah bagus meski masih sederhana dari yang mulai berukuran besar seperti Openoffice.org (128 MB) hingga office mini seperti Jarte (2.5 MB).
2. PDF Creator,  Software untuk membuat file dokumen Anda menjadi PDF langsung dari program Ms Word yang tengah digunakan.
Security
3. Eset NOD32 Antivirus, sayangnya gak gratis (sekitar $40).  Tapi masih ada pembuat Antivirus gratis seperti AVG yang cukup tangguh, reviewnya lihat disini.
4. HijackThis, tool kecil untuk membasmi malware.  Untuk yang sering ber-internet ria gak salah dicoba.
Desktop Management
5. PowerToy TweakUI, konfigurasi untuk memaksimalkan program yang berjalan di windows.
6. RoboForm, salah satu software terbaik password manager dan pengisi form secara otomatis.
7. Clipomatic, tool yang sangat membantu untuk yang sering menyalin banyak url dan mengingat seluruh isinya sekaligus.
Browser
8. Mozilla Firefox, browser paling keren yang pernah dibuat, selalu paling depan dalam memberikan kenyamanan penggunanya untuk browsing.
Graphics Editing
9. GIMP, program editing grafis gratis terbaik dengan kualitas berbayar.
10. Adobe Photoshop, nah ini yang paling gak bisa ditinggalkan, sampai sekarang saya masih menganggap versi 6.0 update 6.0.1 yang paling enteng dan powerfull.
11. IrvanView, Image viewer/converter paling cepat.
Video dan Audio
12. Winamp, musik player paling oke, meski sampai sekarang saya tetap menggunakan versi jadul 2.8.0, alasannya? enteng dan gak butuh-butuh amat yang gede:) Berminat? download disini.
13. VLC, media player portabel yang ringan yang dapat memutar format audio dan video seperti MPEG-1,  MPEG-2, mp3, ogg sampai 3gp.  Nah yang biasa nonton film2 hasil donlotan handphone dapat langsung memutarnya tanpa harus di-convert terlebih dahulu.
Donload Manager
14. Internet Download Manager, tool sangat membantu mempercepat proses download  yang terinterigasi ke IE7 dan Firefox.  Sangat membantu saat saya mengambil file2 dari Rapidshare, dan film2 kegemaran anak saya di Youtube.
File Compression
15. IZArc, Archive utiliti gratisan yang mendukung banyak format dengan tampilan muka yang simpel dan yang asyik mendukung banyak bahasa, termasuk bahasa Indonesia.
Sebetulnya masih banyak lagi program yang ada dan sudah membebani laptop tua ini,  tapi sementara ini dulu yang bisa saya tulis.  Seperti kata Alan Kay, ilmuwan komputer terkenal Amerika mengutarakan pemikirannya tentang banyaknya software yang dibuat saat ini ( terjemahain sendiri, ya) : “Most software today is very much like an Egyptian pyramid with millions of bricks piled on top of each other, with no structural integrity, but just done by brute force and thousands of slaves.”